Pengaruh Meminum Kopi Sebelum Berolahraga

 

Meminum satu cangkir kopi dapat membantu stimulasi atau membangkitkan tenaga pada saat berolahraga. Walaupun sebagian orang menganggap hal tersebut sebagai mitos, tetapi pakar nutrisi di bidang olahraga mengkonfirmasi terhadap hal tersebut.
Mirza Hapsari Sakti, SGz, MPH, seorang ahli gizi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyampaikan bahwa kafein memiliki efek energi sparing, yaitu mengubah zat asam lemak menjadi energi. Dengan demikian lebih menghemat karbohidrat.
Dia menambahkan bahwa memang ada benarnya meminum kopi membuat seseorang lebih bertenaga. Namun, hal tersebut masih belum dianggap doping jika masih dalam takaran yang wajar. Jika asupannya sudah melebihi kadar yang ditentukan, maka penggunaan kafein pada atlet professional dapat dianggap sebagai doping.
Meski begitu, efek kafein mungkin berbeda tergantung sensitivitas setiap orang. Maksudnya, kafein dapat membangkitkan tenaga pada seseorang, tetapi pada orang lain justru mengganggu performanya. Gangguan yang muncul antara lain jantung berdebar atau asam lambung yang naik dan itu tidak baik.
Mau tau rekomendasi pakaian olahraga untuk running? Klik link berikut : Pakaian Lari Tiento

Leave a Reply