Tiento Athlete: Made Wirawan

I Made Wirawan merupakan pemain sepak bola profesional yang berposisi sebagai penjaga gawang. Pemain kelahiran Gianyar 1 Desember 1981 ini memulai karir professional di Perseden Denpasar pada tahun 2002. Selama dua tahun, made bermain untuk klub asal provinsi bali tersebut. Lalu setelah itu perjalanan karir Made dilanjutkan ke Persikaba Blora pada tahun 2004. Karir made memang tidak pernah lama Ketika membela sebuah klub. Setelah dua tahun membela Persekaba, Made pindah ke klub asal Kalimantan Persiba Balikpapan di tahun 2006.
Bersama Made mulai menunjukan kelasnya sebagai seorang penjaga gawang. Penampilan apiknya di Indonesia Super League, membuatnya terpilih sebagai salah satu kiper timnas. Di bawah asuhan Wim Rijsbergen, made dipercaya untuk mengisi slot kiper Timnas di ajang kualifikasi piala dunia zona Asia. Setelah melakukan debut internasional melawan Iran, Made menjadi kiper langganan timnas Indonesia dari tahun 2011-2015.
Kualitas dan pengalaman Made sebagai penjaga gawang, membuat Persib tertarik untuk merekrutnya. Pada 2012 Made resmi menandatangani kontrak bersama Tim Pangeran Biru. Bersama Persib, pemain dengan tinggi 1,80 m ini, mencapai puncak karirnya dengan menjuarai Indonesia Super League tahun 2014 dan Piala Presiden di tahun 2015. Sembilan tahun membela Persib, Made mencatatkan 6070 menit bermain dalam 68 penampilannya di semua kompetisi. Persib menjadi salah satu klub terlama yang pernah dibela Made.
Made menjadi salah satu penjaga gawang senior yang dimiliki Persib saat ini.. Respon cekatan dan pengalaman yang dimiliki pemain satu ini, membuat lawan sulit untuk mencetak gol. Hal ini dibuktikan dengan aksi made menahan tendangan penalti pemain Persipura di Final ISL 2014 dan mengantarkan Persib meraih gelar juara untuk kedua kalinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *