Tiento Athlete: Muhammad Aqil Saviq

Muhammad Aqil Savik merupakan pemain sepak bola profesional yang berposisi sebagai penjaga gawang. Pemain kelahiran 17 Januari 1999 ini mengawali karir juniornya di SSB Sidolig Bandung. Bersama Sidolig, kemampuan Aqil sebagai seorang kiper telah teruji di berbagai event yang diselenggarakan Pengcab PSSI Jabar. Aqil menjuarai beberapa gelaran turnamen sepak bola antar SSB seperti Hari Olahraga Nasional Cup (Haornas) dan Soeratin Cup.
Performa apik kipper berpostur 1,86 m ini, mengantarkannya masuk diklat Persib pada tahun 2014. Selama empat tahun di Diklat Persib, Aqil memperlihatkan performa gemilang sebagai penjaga gawang. Aqil membawa Persib menjadi juara liga 1 U-19 di tahun 2018. Di tahun yang sama pula aqil secara resmi dipromosikan ke Tim senior Persib.
Aqil memulai debut profesionalnya bersama Persib melawan Bali United pada gelaran liga 1 2019. Sebagai kiper termuda yang dimiliki Persib, Aqil selalu menunjukan kualitasnya. Hal ini membuatnya masuk list daftar panggilan pemain Timnas Indonesia U-19 untuk gelaran piala AFF 2018. Setelah itu Aqil Kembali dipanggil untuk masuk skuad Timnas U-23 di tahun 2021.
Bersama Persib Aqil mencatatkan total 164 menit bermain di semua kompetisi. Dengan postur proporsional, refleks cekatan, serta insting tepat dalam membaca bola, membuat Aqil dilirik oleh pelatih Shin Tae-yong untuk masuk timnas senior pada gelaran kualifikasi piala dunia 2022. Aqil menjadi kiper termuda yang melengkapi komposisi kiper timnas hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *