Tiento Athlete: Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata merupakan penjaga gawang profesional kelahiran Kediri 28 July 1997. Pemain dengan tinggi 1,87 m ini memulai karir juniornya di SSB Macan Putih lalu setelah itu dipromosikan ke Persik U-21 di tahun 2015. Selama berkarir di tim muda Persik sebagai seorang kiper, bakat Nadeo sudah mulai terlihat. Hal ini membuat salah satu klub asal Kalimantan Borneo Fc tertarik untuk memboyong Nadeo ke Samarinda.
Di tahun 2016 Nadeo resmi bergabung dengan Borneo FC untuk mengikuti gelaran kompetisi Indonesia Soccer Championship A, Liga 1, Piala Presiden dan Piala Indonesia. Nadeo tampil impresif dengan selalu menjadi pilihan utama tim Borneo untuk mengisi pos penjaga gawang. Selama tiga tahun membela Borneo, Nadeo berhasil mencatatkan 4258 menit bermain dalam 49 pertandingan di semua kompetisi.
Tampil apik bersama Borneo membuat tim juara liga 1 2019 Bali United kepincut untuk mendatangkan Nadeo ke Iwayan Dipta. Pada 2020 Nadeo secara resmi menjadi pemain Bali United. Nadeo menjadi andalan Bali United untuk mengawal benteng terakhir tim berjuluk Serdadu Tridatu ini di gelaran AFC Championship.
Selain menjadi andalan dari setiap tim yang dibela, pemain ini juga menjadi andalan Timnas Indonesia. Nadeo menjadi salah satu punggawa timnas U-19 hingga timnas senior. Di bawah asuhan Shin Tae-Yong Nadeo berhasil menjadi kiper utama timnas senior di kualifikasi piala dunia.zona asia. Dengan postur ideal dan kemampuan block bola di atas rata-rata membuat Nadeo selalu siap menjadi benteng kuat di bawah mistar, baik itu di klub ataupun di timnas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *