Tiento Athlete: Otavio Dutra

Otavio Dutra merupakan salah satu atlet sepakbola profesional kelahiran 22 November 1983 di Fortaleza Brazil. Setelah menjalani serangkaian proses naturalisasi, pada tahun 2019 pemain yang berposisi sebagai center back ini resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Dutra memulai karirnya di Liga Indonesia bersama Persebaya 1927 pada tahun 2010. Dua tahun bersama tim Bajul Ijo, Dutra berhasil mencatatkan 52 penampilan di semua kompetisi dan mencetak 3 gol.
Performa apik Dutra bersama Persebaya membuat salah satu klub papan atas Liga 1 Persipura tertarik untuk meminangnya. Pada tahun 2012 Dutra secara resmi bergabung dengan Persipura. Bersama tim asal Jayapura tersebut, Dutra berhasil membawa tim Mutiara Hitam menjadi juara Indonesia Super League 2013. Di musim ini pula, dengan torehan 10 gol Dutra menjadi bek tersubur di Liga Indonesia. Setelah sukses bersama Persipura, Dutra hengkang ke Gresik United di tahun 2014. Di klub ini Dutra hanya bertahan satu musim dengan catatan 29 penampilan dan 4 gol.

Performa impresif Dutra kembali terulang ketika membela Bhayangkara FC di tahun 2017. Di musim keduanya bersama Bhayangkara, Dutra berhasil mempersembahkan gelar juara Liga 1. Di klub ini pula, Dutra semakin mengokohkan eksistensinya sebagai pemain belakang yang mempunyai insting gol. Selama membela Bhayangkara FC pemain berpostur 1,90 m ini berhasil mencetak 15 gol dalam 74 penampilan.
Di tahun 2019 Dutra berhasil melakukan debut pertama bersama Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia melawan Vietnam.Di bawah asuhan Luis Milla, dutra menjadi andalan untuk mengawal lini pertahanan tim garuda.
Setelah dua musim bersama Bhayangkara FC, Dutra hengkang ke Persebaya. Hanya satu musim di Persebaya, pada tahun 2020 Dutra melanjutkan karirnya di Persija Jakarta. Di Persija Dutra selalu menjadi pilihan utama untuk mengisi pos pertahanan bersama Yann Motta. Bersama Persija, Dutra berhasil membawa tim Macan Kemayoran menjadi juara Piala Menpora 2021 setelah di Final mengalahkan Persib Bandung. Dutra dikenal sebagai pemain belakang yang komplit. Postur tinggi dan insting mencetak golnya menjadi andalan untuk membawa Persija Berjaya di Liga Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *