Tiento Athlete: Shahar Ginanjar

Shahar Ginanjar merupakan atlet sepak bola Indonesia kelahiran Purwakarta 4 November 1990. Shahar mengawali karir juniornya sebagai penjaga gawang di Persipo pada tahun 2005. Performa apiknya di Persipo, mengantarkannya masuk skuad Pelita Jaya U-21 pada tahun 2008.
Karir professional Sharar dimulai di klub Pelita Jaya senior pada tahun 2011. Setelah tiga tahun membela Pelita Jaya, Shahar hengkang ke Pelita Bandung Raya (PBR) di tahun 2012. Hanya satu musim di PBR Shahar akhirnya berlabuh ke Persib Bandung. Bersama Made Wirawan, Shahar berhasil mempersembahkan gelar Indonesia Super League untuk Persib di tahun 2014, dan di tahun berikutnya Shahar kembali membawa Persib juara di Piala Presiden 2015. Prestasi Shahar bersama Persib membuatnya jadi buruan utama beberapa klub besar seperti Mitra Kukar, Persija, dan PSM.
Setelah hengkang dari Persib, Sharar tercatat membela 4 klub berbeda. Mulai dari Mitra Kukar, Barito Putera, PSM Makassar dan Persija Jakarta. Sebagai seorang kiper dengan tinggi 1,86 m, Shahar memiliki keunggulan dalam duel bola-bola atas, dan banyak klub yang menginginkannya.
Postur ideal ditambah respon cekatan, menjadi nilai lebih yang dimiliki Shahar. Dari keempat klub yang dibela Shahar berhasil membawa Persija juara Liga 1 2018 dan Piala Menpora 2021. Di klub Ibu Kota, Sharar berhasil mencapai puncak karirnya. Bersama Persija Shahar berhasil mencatatkan 1600 menit bermain dalam 29 penampilan. Dan kini Shahar membela Dewa United, salah satu klub asal Bekasi yang menjadi klub baru Shahar Ginanjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *