6 Agenda Tim Nasional Indonesia Di Tahun 2023

Tiento.co.id РTahun 2023 akan menjadi tahun yang sibuk untuk Tim Nasional Indonesia Pasalnya akan banyak kompetisi yang pasukan Garuda ikuti tahun ini, seusai piala AFF tercatat ada 6 kompetisi yang akan diikuti oleh timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. Menjadi catatan penting untuk timnas senior karena sebelumnya dipaksa harus pulang lebih awal ke tanah air setelah gugur di tangan Vietnam pada semi final piala AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.  Tentunya pasukan asuhan Shin Tae Young harus berbenah jika tidak ingin tersingkir lagi di kompetisi selanjutnya. Selain timnas senior timnas di kelompok umur 20 dan 23 pun akan ikut serta di beberapa kompetisi di tahun 2023, berikut daftar agenda Tim Nasional Indonesia di tahun 2023. 

 

  1. Piala Asia U-20 

Ajang 2 tahunan ini tercatat sudah memasuki edisi ke 41 sejak pertama kali digelar pada tahun 1959. Uzbekistan terpilih menjadi tuan rumah dan akan digelar pada 1 Maret 2023 dan berakhir pada 18 Maret 2023. Garuda muda tergabung di Grup A bersama Irak, Suriah dan tuan rumah Uzbekistan. Piala Asia U Р20 adalah kompetisi yang tidak terlalu bisa dibanggakan oleh timnas Indonesia pasalnya dari 18 kali keikutsertaannya, timnas Indonesia hanya bisa meraih 1 kali gelar juara itupun pada tahun 1961 tepatnya di gelaran ke 3 Piala Asia U Р20. Lalu bagaimana dengan tahun ini?, tentunya pasukan Shin Tae Yong wajib optimis mengingat kedalaman skuad yang cukup mumpuni, nama-nama yang memiliki jam terbang yang cukup tinggi bersama klubnya masing-masing seperti Frengky Missa, Ronaldo Kwateh dan tentunya Marselino Ferdinan ada di dalam skuad garuda muda tahun ini.  

 

  1. Sea Games U-23 

Event olahraga terbesar se asia tenggara ini akan dilaksanakan di Kamboja pada 5 Mei 2023 dan akan berakhir pada 17 Mei 2023 dengan 36 cabang olahraga yang akan dipertandingkan salah satunya tentunya sepakbola. Kejutan terjadi pada timnas U-23 yang akan berlaga di ajang Sea Games 2023, timnas U-23 akan dilatih oleh Nova Arianto hal ini dikonfirmasi langsung oleh ketua PSSI Mochamad Iriawan. Menjadi keputusan yang bisa dibilang cukup tepat mengingat Shin Tae Young akang sangat sibuk ditahun ini. Setelah Piala Asia U-20 Shin Tae Young harus bersiap kembali menghadapi Piala Dunia U-20.

 

  1. Piala Dunia U-20 

Para pemain muda terbaik dari seluruh dunia akan berkumpul di Indonesia untuk memperebutkan trophy piala dunia U-20, Indonesia yang ditunjuk menjadi tuan rumah untuk event olahraga terbesar se dunia ini akan otomatis ikut serta dalam kompetisi ini. Ajang yang rutin diselenggarakan oleh FIFA setiap 2 tahun sekali ini tentunya menjadi ajang untuk para pemain muda bertalenta menunjukan bakatnya pasalnya akan ada banyak pemandu bakat dari klub eropa yang akan memantau mereka. Bukan tidak mungkin ada pemain dari Indonesia yang bakatnya bisa terlihat oleh tim eropa. Piala Dunia U-20 akan diselenggarakan pada 20 Mei 2023 dan akan berakhir pada 11 Juni 2023.

 

  1. Piala Asia

Kali ini giliran Timnas senior yang akan berjuang di Piala Asia. Turnamen yang  digelar di Qatar pada 16 Juni 2023 dan berakhir pada 16 Juli 2023 ini akan menjadi come back bagi tim Garuda pasalnya timnas Indonesia terakhir mengikuti kompetisi ini pada tahun 2007 dan kala itu Indonesia hanya mampu meraih satu kemenangan di fase grup. Nampaknya akan ada cukup banyak pekerjaan rumah untuk Shin Tae Young berkaca dari ajang AFF 2022 skuad Garuda terlihat masih bermasalah dengan efektivitas permainan ditambah masalah finishing yang harus cepat dibenahi agar timnas Indonesia bisa tampil maksimal di ajang terbesar asia ini.

 

  1. Asian Games 

Event olahraga terbesar se asia ini akan kembali digelar setelah satu tahun tertunda karena pandemi. Timnas U-23  akan kembali berpartisipasi dalam event ini, Asian games akan diselenggarakan di Hangzhou pada 23 September 2023 dan akan berakhir pada 8 Oktober 2023 mendatang. Terakhir kali Timnas U-23 hanya mampu tembus babak 16 besar pada ajang Asian Games 2018. 

 

  1. Kualifikasi Piala Dunia 2026

Terakhir indonesia akan melakoni kualifikasi piala dunia 2026. Piala dunia 2026 akan diikuti oleh 48 Negara. Ditambahnya peserta piala dunia tentu wajib dimanfaatkan oleh timnas indonesia.

Kualifikasi Piala Dunia akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2023.

Bisakah Indonesia meraih prestasi di 6 ajang tersebut?, tentunya rasa optimistis harus ada dari semua elemen sepakbola di Indonesia dari mulai pemain hingga para suporter yang selalu setia memberikan dukungan untuk tanah air tercinta.