Transfer Ronaldinho ke Barcelona mengubah sejarah

Tiento.co.id – Transfer pemain memang seringkali memberikan dampak bagus dan bahkan ada juga yang bisa mengubah sejarah klub seperti Erling Haaland yang bisa membantu Manchester City meraih trofi Champions League untuk pertama kalinya dalam sejarah The Citizens. Dan juga bergabungnya Neymar Jr ke PSG dengan nilai transfer yang fantastis juga membuat rusak pasar. Karena semakin banyak klub yang berani memasang harga pemainya diatas 70 juta euro atau 80 juta euro dan bahkan hingga 100 juta euro. 

 

Namun, beberapa transfer pemain juga memiliki dampak yang sangat besar bahkan kesepakatan itu dapat mengubah tatanan sepakbola. Salah satu contoh yang begitu berdampak pada persepakbolaan dunia adalah transfernya Ronaldinho ke Barcelona pada tahun 2003 silam. Hal itu bisa terjadi karena Ronaldinho lebih memilih untuk bergabung dengan Barcelona daripada Manchester United saat itu, dan itu membuatnya bisa melahirkan banyak sejarah  baru dalam sepakbola di masa depan.

 

Saat itu Ronaldinho tampil memukau bersama timnas Brasil, dan hal itu juga tampaknya menjadi pusat perhatian bagi sebagian besar klub top eropa yang ingin mendapatkannya. Namun sepertinya pada saat itu ada dua klub raksasa yang sangat serius untuk bisa mendatangkan pemain asal Brasil tersebut, dua klub tersebut adalah Manchester United dan Barcelona. Saat itu Man United masih di bawah asuhan dari Sir Alex Ferguson, hal itu juga membuat peluang Ronaldinho untuk meraih gelar yang lebih besar dibandingkan dengan Barca, karena Barca saat itu masih dalam fase bangkit dari keterpurukan. Mereka juga sudah lama tidak menjuarai La Liga. 

 

Akhirnya Ronaldinho pun mencapai kesepakatan pribadi dengan Man United bahkan biaya transfer nya dari psg pun sudah disepakati. Ronaldinho pun dikabarkan tinggal menyelesaikan beberapa langkah lagi untuk bergabung dengan Man United. Namun Barca tampaknya berhasil menikung Man United, Sandro Rosell yang saat itu menjadi wakil presiden barcelona yang baru, melakukan negosiasi dengan cepat dengan Ronaldinho. Hingga akhirnya Ronaldinho memberi tahu Fergie bahwa dirinya lebih memilih untuk bergabung dengan Barca. Ronaldinho meyakini bahwa warga Brasil lebih mencintai Barcelona. 

 

Tak disangka keputusannya untuk bergabung dengan Barca justru membuat dampak besar pada gairah sepakbola dunia. Ronaldinho bersama Barcelona membuat namanya kian mendunia, ia juga menjadi bagian penting di skuat asuhan Frank Rijkaard saat itu, Ronaldinho menunjukan kalau sepakbola bukan hanya olahraga fisik. Melainkan ada cara lain untuk menonjolkan sisi keindahannya. Ia menari-nari seperti tak mempedulikan statistik gol maupun assist. Ronaldinho bermain untuk menghibur penonton dan dirinya sendiri.

Dan Hingga akhirnya Ronaldinho juga berperan penting atas kemunculan sang bocah ajaib, Lionel Messi. Ronaldinho saat itu juga sangat mengayomi Messi, mereka juga memiliki hubungan yang baik di dalam dan di luar lapangan. Ronaldinho juga membuat assist untuk gol pertama Messi di skuad senior Barca saat itu. Sebelumnya tak ada yang menyangka akan tercipta ratusan gol dan banyaknya trofi yang diraih Barcelona dari pemain yang bertubuh kecil asal Argentina tersebut. Hal itu tak lepas dari peran penting Ronaldinho, jika saat itu Ronaldinho tak memberikan assist untuk Messi mungkin akan membuat pelatih saat itu tak akan memberikan kepercayaan lebih terhadap Messi. Dan mungkin bisa saja dunia sepakbola akan bernasib beda. Jika hal itu terjadi maka kita tidak akan melihat aksi dan persaingan yang seru sepanjang abad ke-21 antara dua pemain hebat di dunia yaitu, Cristiano Ronaldo dan juga Lionel Messi.

Leave a Reply