Ini dia beberapa klub Liga Inggris yang memiliki slogan dari bahasa latin

Tiento.co.id – Sebuah slogan atau semboyan dengan bahasa latin biasanya seringkali dipakai untuk kalimat slogan klub-klub di Inggris. Padahal bahasa ibu mereka adalah bahasa Inggris. Berikut contoh klub yang pernah memiliki slogan tersebut.

 

  1. Manchester City 
AFP via Getty Images
AFP via Getty Images

Manchester City sebelumnya memiliki lambang klub dengan bentuk seekor burung elang, dan didalamnya memang masih terdapat gambar kapal dan juga berisi slogan dari bahasa latin yaitu “Superbia In Proelio”. atau jika di artikan dalam bahasa Inggris “Pride In Battle” yang artinya kebanggaan dalam pertempuran. Penggunaan slogan itu sudah ada sejak tahun 1997 silam. Namun sayangnya lambang klub itu telah diubah pada tahun 2015 lalu, termasuk slogan itu yang turut dihapus.

 

  1. Arsenal 
Twitter/@Arsenal
Twitter/@Arsenal

Arsenal pernah mempunyai slogan Latin  “Victoria Concordia Crescit”. Yang artinya adalah kemenangan tumbuh melalui keharmonisan.  Slogan tersebut merupakan gagasan dari mantan editor Arsenal, Harry Homer sejak tahun 1940 silam. Tapi slogan tersebut dihilangkan pada tahun 2002. Namun bagi sebagian fans Arsenal masih banyak yang peduli dan memahami apa makna semboyan latin mereka dulu.

 

  1. Everton
Source: Royalbluemersey.sbnation.com
Source: Royalbluemersey.sbnation.com

Everton juga sempat terdapat semboyan latin yang bertuliskan, “Nil Satis Nisi Optimum” dalam logo lamanya, arti kata tersebut “tidak ada yang lebih baik dari yang terbaik”. Semboyan itu sudah ada sejak tahun 1922 dan terus melekat pada logo klub mereka.

 

Namun sayangnya pada tahun 2013 Everton merubah logo mereka, dan juga menghapus slogan itu. Sebagian besar fans Everton memprotesnya. Bahkan sempat ada petisi dari ribuan Evertonian yang menuntut klub untuk mengembalikan ke logo lamanya.

 

  1. Chelsea
Images via Reuters/ANDREW BOYERS
Images via Reuters/ANDREW BOYERS

Sebelumnya, Chelsea sempat memiliki slogan berbahasa Latin yang sepertinya sudah tidak populer lagi, yaitu “Nisi Dominus Frustra” atau “UNLESS GOD IS WITH US, ALL WILL BE IN VAIN” (Semuanya Akan Menjadi Sia-Sia, Kecuali Tuhan Bersama Kita)

 

  1. Tottenham
Image credit: Getty Images
Image credit: Getty Images

Spurs pernah mempunyai semboyan latin. Semboyan itu berbunyi “Audere Est Facere”. Dalam bahasa Inggrisnya, “To Dare Is To Do”. Yang artinya kurang lebih keberanian dalam mengambil tindakan.

Meski sejak tahun 2006 semboyan latin itu tak lagi melekat pada logo klub, namun makna filosofisnya masih tertanam pada setiap publik Spurs. Bahkan, semboyan latin itu masih ada terpampang di sudut-sudut stadion Spurs yang baru.

Leave a Reply