4 Biang Kerok Yang Bikin Sepakbola Indonesia Susah Maju

Tiento.co.id – Sepakbola telah menjadi salah satu olahraga yang dicintai di Indonesia bahkan hampir di setiap penjuru di tanah air¬† ini menyukai sepakbola, namun miris rasanya ketika antusiasme yang begitu tinggi terhadap sepakbola tidak sebanding dengan kualitas sepakbolanya itu sendiri, sepakbola di Indonesia bisa dibilang masih ketinggalan jauh dari kualitas sepakbola di Eropa, jangankan sepakbola Eropa bahkan untuk negara sesama asia tenggara saja kualitas sepakbola di Indonesia masih tertinggal dari beberapa negara, ambil contoh Thailand yang sekarang hampir menjelma menjadi ‚ÄúSamba‚ÄĚ nya Asia Tenggara berkat kualitas sepakbola di negara yang berjuluk Gajah Perang ini sudah mulai membuat sistem liga yang jelas dan teratur. Lalu apa yang menjadi penyebab kualitas sepak bola di Indonesia susah maju? mungkin beberapa faktor berikut ini bisa menjadi penyebabnya.¬†¬†

 

  1. Federasi Yang Kurang Profesional 

Seperti yang kita tahu bahwa federasi sepakbola didalam sebuah negara bertugas untuk memajukan dan membuat sepak bola di negara tersebut berprestasi. Menunjang apapun yang menjadi kebutuhan sepakbola itu sendiri, sayangnya di Indonesia para pengurus tidak di isi oleh orang-orang yang paham permasalahan sepak bola. Alih-alih fokus mengurus sepak bola, malah ada beberapa yang terjun ke dunia politik.

 

  1. Liga Yang Tidak Teratur

Dengan adanya liga yang baik, jelas dan teratur bisa menjadi tempat untuk para pemain mengasah kemampuannya. Akan tetapi liga di indonesia saat ini masih kurang teratur mungkin yang paling terlihat jelas dan sering juga menuai kontroversi adalah jadwal pertandingan. Liga di Indonesia kerap melakukan pertandingan di malam hari tentunya tidak masalah toh di liga sekelas Eropa pun masih ada pertandingan yang digelar malam hari, namun jam pertandingan yang terlampau malam lah yang jelas jadi masalah, tentunya pemain tidak bisa mendapatkan istirahat yang cukup untuk menjaga fisik dan kebugaran mereka.

 

  1. Pelatih Timnas Yang Terlalu Sering Berganti

Lain tangan lain juga hasilnya mungkin definisi ini tepat menggambarkan kondisi sepakbola di Indonesia. Istilah tersebut mengacu pada kebiasaan timnas Indonesia yang sering mengganti pelatihnya. Hal ini karena pelatih yang dianggap tidak memenuhi ekspektasi untuk menjadi juara. Padahal setiap pelatih memiliki program-program untuk kemajuan timnas itu sendiri. Dengan dipecatnya pelatih, dan menggantikannya dengan pelatih yang baru, ini akan menghentikan program yang sudah di rancang oleh pelatih sebelumnya dan mengubahnya dengan program baru yang belum tentu baik untuk kedepannya.

  1. Mafia Sepakbola

Mafia membuat sepakbola di Indonesia tidak profesional. Kerap kali kita temui keputusan wasit ataupun tingkah pemain kontroversial yang diduga merupakan setingan oleh mafia sepakbola. 

 

Demikian beberapa alasan mengapa sepakbola indonesia sulit untuk maju. kita semua berharap sepakbola di indonesia akan bisa berkembang maju dan meraih prestasi yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *