Dijuluki Raja Sepakbola, Mengapa Pele Tak Pernah Raih Ballon D’OR?

tiento.co.id – Pele sampai akhir hayatnya merupakan satu-satunya pemain yang pernah memenangi piala dunia sebanyak tiga kali. Namun mengapa ia tak pernah mendapat penghargaan Ballon d’or sepanjang kariernya?.

Pele membawa brasil menjadi piala dunia pada 1958, 1962, dan 1970. setidaknya, kalaupun tidak menang, sudah sewajarnya ia masuk dalam bursa calon pemenang pada tahun tersebut.

 

Namun nyatanya sang raja tak pernah dinobatkan sebagai yang terbaik. Pada 1958, bola emas jatuh ke tangan Raymond Kopa (Prancis) yang membawa Prancis meraih tempat ketiga di piala dunia pada tahun tersebut.

https://en.as.com/soccer/peles-trophies-how-many-titles-did-he-win-with-brazil-and-how-many-goals-did-he-score-n-2/

Itu disebabkan aturan lama yang ditetapkan majalah France Football selaku penyelenggara Ballon d’or.

 

Sebelum 1995, hanya para pemain kelahiran eropa yang masuk dalam penilaian. Hal ini pula yang menyebabkan Diego Maradona tak pernah memenangi penghargaan tersebut meski kariernya begitu melesat di eropa bersama Napoli dan turut mengantar Argentina juara piala dunia 1986.

 

Mulai tahun 1995, barulah France Football mengubah kriteria dan turut menilai pemain asal manapun yang berkiprah di eropa. Di tahun yang sama, George Weah (Liberia) yang bermain di Paris Saint-Germain terpilih menjadi yang terbaik.

Pada 1997, Ronaldo menjadi pemain amerika selatan pertama yang memenangi Ballon d’or, yang kemudian diikuti oleh Rivaldo, Ronaldinho, Kaka, dan Lionel messi.

France Football menyebut jika penilaian saat ini sudah dilakukan saat Pele masih aktif bermain, maka legenda Brasil itu bisa memenanginya sampai tujuh kali, yaitu pada tahun 1958, 1959, 1960, 1961, 1963, 1964, dan 1970.

Leave a Reply