Nomor Punggung Legenda Yang Di Pensiunkan Oleh Klubnya

Tiento.co.id Beberapa pemain memiliki hubungan emosional dengan klub yang dibela nya. Hubungan emosional itu mungkin tercipta karena kontribusi pemain untuk klub, timbal balik dari manajemen, dan cinta para penggemar kepadanya.

 

Ketika pemain itu pergi, klub pun berani untuk memensiunkan nomor punggungnya sebagai bentuk penghormatan. Berikut pemain-pemain legenda yang nomor punggungnya dipensiunkan oleh klubnya.

 

  1. Paolo Maldini – AC Milan
Image Credit: twitter.com/@MaldiniNews
Image Credit: twitter.com/@MaldiniNews

Paolo Maldini adalah sosok yang sangat dihormati di AC Milan. Selama 25 musim bermain, maldini mempersembahkan 26 trofi untuk milan. 

 

Saat Maldini pensiun pada akhir musim 2008-2009, Milan memutuskan untuk memensiunkan nomor punggung tiga milik mantan kaptennya itu. Pria 53 tahun itu kini menjabat sebagai direktur teknis di AC Milan

 

  1. Javier Zanetti – Inter Milan
(Foto: Sky Sports)
(Foto: Sky Sports)

“I Nerazzurri” memensiunkan nomor punggung empat milik mantan kapten mereka, Javier Zanetti. Zanetti bukan jebolan akademi Inter, tetapi loyalitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. 

 

Sejak dibeli dari CA Banfield pada bursa transfer musim panas 1995 hingga pensiun pada akhir musim 2013-2014. Dia membantu inter meraih 16 trofi yang salah satunya adalah gelar Liga Champions pada musim 2009-2010.

 

  1. Johan Cruyff – Ajax Amsterdam

Seperti dua klub asal kota Milan, Ajax Amsterdam pun memensiunkan nomor punggung 14 milik Johan Cruyff pada 2007 silam. 

 

Cruyff, yang menjalani dua era di Ajax (1964-1973 dan 1981-1983), membantu raksasa Belanda itu meraih 16 trofi.  Prestasi tertinggi Cruyff bersama Ajax adalah saat menjuarai Liga Champions tiga kali beruntun pada 1971-1973.

 

  1. Diego Armando Maradona – Napoli
Etsuo Hara/Getty Images
Etsuo Hara/Getty Images

Maradona mungkin adalah pesepak bola paling dicintai oleh para penggemar Napoli. Sebab, saat bermain di Napoli pada 1984-1992, Maradona membantu I Partenopei untuk mengguncang sepakbola Italia dan Eropa. 

 

Maradona membantu Napoli meraih lima gelar yang salah satunya adalah trofi Liga Eropa 1988-1989 oleh sebab itu, Napoli memensiunkan nomor punggung 10 miliknya. 

 

setelah Maradona meninggal dunia pada 25 November 2020, Napoli pun mengubah nama stadion mereka menjadi Estadio Diego Armando Maradona.

 

  1. Pele – New York Cosmos
SPORTS ILLUSTRATED VIA GETTY IMAGES
SPORTS ILLUSTRATED VIA GETTY IMAGES

Semasa aktif bermain, Pele lebih banyak menghabiskan kariernya di Brasil bersama Santos. namun, pernah dalam satu kesempatan ia bermain di Amerika Serikat untuk New York Cosmos.

 

Karena kedatangannya dan pengaruhnya sehingga Amerika Serikat kini meminati sepak bola, Pele pun mendapat penghormatan di mana nomor punggung 10 miliknya dipensiunkan New York Cosmos.

Leave a Reply