Oleksandr Zinchenko Fullback Rasa Gelandang Milik Arsenal

Tiento.co.id – Oleksandr Zinchenko membuktikan diri bahwa dirinya masih layak berada di tim yang sedang ada di jalur juara.  Setelah di musim lalu hampir sering berada di bangku cadangan karena perannya tergeser oleh cancelo di posisi bek kiri. 

 

Tetapi sekarang Zinchenko menjadi salah satu pemain yang perannya cukup besar bagi arsenal, sehingga tim asuhan mikel arteta ini masih berada di puncak klasemen sementara. Jika melihat formasi Arsenal di musim ini, posisi Zinchenko adalah bek kiri yang tentu sesuai dengan posisi aslinya.

 

Tetapi ada yang menarik ketika arsenal berada di fase awal penyerangan atau fase build up, Zinchenko kerap kali invert ke tengah membentuk Double Pivot bersama salah satu gelandang, hal ini bertujuan untuk memperbanyak jumlah pemain di lapangan tengah. 

 

Fungsi lainnya sebagai Double Pivot adalah untuk memancing press gelandang lawan sehingga ada ruang di tengah yang bisa di ekspos oleh pemain depan Arsenal untuk turun membantu lini tengah Arsenal.

 

Kekuatan utama Arsenal musim ini adalah cair nya pergerakan antar lini mereka, hal ini yang membuat setiap pemain bisa selalu mengcover apabila Arsenal kalah jumlah ketika ingin membangun serangan.

 

Begitupun dengan peran Zinchenko yang bisa dibilang fleksibel. Zinchenko tak hanya invert ketengah tetapi juga  bisa melebar layaknya bek sayap tradisional.

 

Peran Zinchenko yang fleksibel ini membuat daya jelajah seorang yang berposisi sebagai bek sayap terbilang luas, Zinchenko bisa memainkan peran no 6 no 8 bahkan no 10 di Arsenal. 

 

Keputusan Arteta memberikan peran sebagai distributor bola kepadanya terbilang efektif. hal ini terbukti dengan dirinya mampu membuat total 91 umpan dari permainan terbuka di berbagai area, rasio kesuksesannya mencapai 87%. sangat hebat untuk seorang pemain yang berposisi sebagai bek sayap.

 

Selain itu Mikel Arteta tampaknya membebaskan Zinchenko untuk bermain sebagai salah satu baller tim karena kapabilitasnya dalam menahan bola berlama-lama dan memiliki visi yang tak bisa dianggap sepele.

Leave a Reply