5 Klub Ini Membuktikan, Kalahkan Barcelona Adalah Jaminan Untuk Juara Liga Champions

Tiento.co.id – Menjadi Kompetisi paling bergengsi untuk tim-tim di Eropa tentunya Liga Champions diikuti oleh tim-tim terbaik dari liga-liga besar di Eropa. Tidak terkecuali Barcelona tim yang ditakuti di Spanyol dan tentunya di Eropa ini ternyata memiliki mitos unik tersendiri.

 

Tim yang bisa mengalahkan Barcelona di Liga Champions akan keluar sebagai juara di akhir kompetisi. Sulit jika dibilang kebetulan karena hal ini terjadi lebih dari sekali bahkan berkali-kali. 

 

Berikut tim-tim yang mengalahkan Barcelona dan keluar sebagai juara Liga Champions :

 

  1. Manchester United 
Manchester United players celebrate their Champions League triumph. Photograph: Martin Rickett/PA
Manchester United players celebrate their Champions League triumph. Photograph: Martin Rickett/PA

Musim 2007/08 mungkin menjadi salah satu musim terbaik untuk Manchester United, tampil sangat superior di Liga Inggris begitupun juga di Liga Champions. Pada Liga Champions 2007/08 United lolos dari fase grup tanpa satupun kekalahan.

 

Sampai akhirnya di semifinal Setan Merah harus bertemu raksasa spanyol yaitu Barcelona, bermain tanpa gol di Leg pertama kemudian MU berhasil mencetak satu-satunya gol di leg kedua lewat kaki Paul Scholes.

 

Pasukan Sir Alex Ferguson pun berhasil mencapai final dan keluar sebagai juara setelah mengalahkan Chelsea di Partai Final.

 

  1. Inter Milan
Image credit: AFP
Image credit: AFP

Masih ingat bagaimana Inter meraih Treble Winner pada tahun 2010?, Sama halnya dengan Manchester United, Inter pun menjadi Juara Liga Champions setelah menyingkirkan Barcelona di semifinal, namun uniknya pada saat di fase grup Inter dan Barca berada di dalam satu grup yang sama dan Inter tidak mampu mengalahkan Barca pada saat fase grup.

 

Namun di partai semi final Inter mampu membuktikan diri saat menang 3-1 di Giuseppe Meazza walau harus menelan kekalahan di Camp Nou Tetapi inter yang unggul agregat berhak melaju ke final, di final Inter berhasil mengalahkan Bayern Munchen dan keluar sebagai juara.

 

  1. Bayern Munchen 
Photo by Michael Regan / UEFA / Handout/Anadolu Agency via Getty Images
Photo by Michael Regan / UEFA / Handout/Anadolu Agency via Getty Images

Bayern Munchen mungkin menjadi tim yang meninggalkan kenangan paling buruk untuk Blaugrana, pasalnya Barcelona mengalami dua kali kekalahan menyakitkan dari Bayern Munchen di Liga Champions yaitu pada musim 2012/13 dan 2019/20, yang pertama di Musim 2012 Bertandang ke Allianz Arena barcelona yang dilatih mendiang Tito Vilanova sudah kalah telak di leg pertama dengan skor 4-0.

 

Di leg kedua walau bermain di Camp Nou Barcelona yang diharapkan comeback justru malah menerima kekalahan lagi dengan skor 3-0. Munchen yang melaju ke final berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Borussia Dortmund.

 

Lalu yang kedua terjadi pada tahun 2020, Barcelona yang bertemu dengan Bayern Munchen di perempat final harus menerima kekalahan yang sangat telak 8-2. Dan selanjutnya bisa ditebak FC Hollywood berhasil menjadi juara setelah mengalahkan PSG di partai final.

 

  1. Liverpool
Getty Images
Getty Images

Liverpool adalah juara Liga Champions musim 2018/19, kala itu The Reds menjadi juara setelah mengalahkan Tottenham Hotspurs. Sebelum melaju ke babak final Liverpool mencatatkan comeback bersejarah atas Barcelona di semifinal.

 

Bermain Di Camp Nou Barca menang meyakinkan atas Liverpool dengan skor 3-0.  Namun di leg kedua Barca yang hanya membutuhkan hasil Imbang malah menerima kekalahan telak dari Liverpool dengan skor 4-0, comeback fenomenal tersebut menjadi tiket untuk Liverpool melaju ke final.

 

  1. Chelsea 
Chelsea won the Champions League in 2011/12 / Alex Livesey/Getty Images
Chelsea won the Champions League in 2011/12 / Alex Livesey/Getty Images

Pada musim 2011/12, Chelsea asuhan Roberto Di Matteo bertemu dengan Barcelona di semifinal. Waktu itu The Blues mengalahkan Barcelona di London berkat gol tunggal Didier Drogba. Namun, di leg kedua, pertandingan memanas.

Chelsea tertinggal lebih dulu di Camp Nou. Namun berhasil melakukan comeback. Chelsea menyamakan kedudukan 2-2. Salah satunya berkat gol Fernando Torres yang tercatat dalam sejarah. Chelsea pun lolos ke final dengan agregat 3-2. Di final, Chelsea mengalahkan Bayern Munchen.

Leave a Reply