Deretan Trio Gelandang Terbaik Sepanjang Abad 21

Tiento.co.id – Posisi gelandang atau barisan tengah, merupakan posisi yang berfungsi sebagai penyeimbang antara posisi depan dan belakang, di dunia sepak bola. gelandang turut memberikan umpan matang, mengalirkan bola kepada pemain depan, demi menyerang dan mencetak gol ke gawang lawan.

 

Oleh sebab itu, peran barisan tengah sangat penting dalam permainan sepak bola, dan demi membentuk kerja sama antarpemain. Pada saat ini di dunia sepak bola, sangat banyak para gelandang hebat, yang bermain di klub ataupun negara mereka.

 

  1. Luka Modric, Casemiro, Toni Kross
(C)Getty Images
(C)Getty Images

Trio “MCK” sebutan untuk trio ini, mungkin menjadi salah satu trio dengan raihan trophy Liga Champions terbanyak, terakhir trio ini mengantarkan Real Madrid menjadi juara Liga Champion pada musim 2022/23.

 

Trio MCK Real Madrid sudah bekerja sama sejak 2014, ketika yang terakhir bergabung dengan real madrid yakni Toni Kroos pada tahun 2014. Total trio ini sudah mengoleksi lima trophy Liga Champions, yaitu pada tahun 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2022.

 

Kebersamaan trio MCK berakhir, usai Casemiro memutuskan bergabung ke Manchester United, musim panas 2022.

 

  1. Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquet

Kombinasi trio gelandang Xavi Hernández, Sergio Busquets dan Andrés Iniesta merupakan trio yang bermain di dua tim, tiga gelandang produk asli La Masia ini bermain untuk FC Barcelona dan timnas Spanyol.

 

Bersama FC Barcelona, trio ini memenangkan tiga trofi Eropa pada tahun 2009, 2011, dan 2015. selain itu bersama timnas spanyol, trio Xavi-Busquets-Iniesta memenangkan tiga trofi, yakni Euro 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010. 

 

Namun bagi Sergio Busquets, dirinya mulai memenangkan ketiga itu, pada 2010, sebab dirinya melakukan debut internasional pada 2009.

 

  1. Andrea Pirlo, Gennaro Gattuso, Clarence Seedorf

Trio gelandang milik AC Milan ini, sudah membuktikan kepada publik sepak bola, jika mereka yang terbaik di era 2000-an. Hal ini disebabkan, mereka sanggup memenangkan Liga Champions Eropa pada tahun 2003 dan 2007.

Selain itu, mereka turut membawa AC Milan memenangkan Serie A 2004, sebelum turnamen sepak bola Italia ini didominasi Juventus dan Inter Milan. khusus Andrea Pirlo dan Gennaro Gattuso, keduanya turut memenangkan Piala Dunia 2006 bersama timnas Italia, usai mengalahkan timnas Prancis lewat adu penalti.

Leave a Reply