Daftar kekalahan paling memalukan Sepanjang Sejarah Sepakbola

Tiento.co.id РManchester United mendapat pukulan memalukan dari rival bebuyutannya Liverpool lanjutan Liga Inggris, Minggu (5/3/2023). Setan Merah bukan satu-satunya klub yang pernah hancur lebur di lapangan. 

 

Tidak ada yang lebih buruk dalam sepak bola dibanding saat kalah telak menghadapi rival bebuyutan. Kekalahan itu akan memunculkan emosi luar biasa yang saling berbeda di antara kedua kubu, yakni girang dan malu.

 

Berikut peringkat delapan besar kekalahan memalukan yang pernah terjadi dalam sejarah sepak bola. 

 

 

  1. Manchester United 8 Р2 Arsenal ( 28 Agustus 2011 ) 
GETTY IMAGES - GETTY
GETTY IMAGES – GETTY

Sebelum menjadi korban kekalahan memalukan dari Liverpool, Manchester United pernah melakukan hal yang sama kepada Arsenal dengan skor 8-2 pada awal musim Liga Premier 2011/2012. United sudah unggul

 

3-1 di babak pertama dan memperburuk keadaan Arsenal menjadi 1-6, sebelum akhirnya berakhir dengan skor 2-8.

 

 

  1. Southampton 0 Р9  Leicester City ( 25 Oktober 2019 )
Youri Tielemans of Leicester City scores his team's second goal against Southampton (Image: Naomi Baker/Getty Images)
Youri Tielemans of Leicester City scores his team’s second goal against Southampton (Image: Naomi Baker/Getty Images)

Laga Southampton vs Leicester City pada pekan ke-10 English Premier League musim 2019/2020 ini digelar di Stadion St Mary’s, Sabtu dini hari WIB. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 0-9 untuk kemenangan The Foxes.

 

Leicester langsung mencetak lima gol di babak pertama. Kemudian Leicester City menambah 4 gol lagi lewat Hattrick Jamie Vardy dan satu gol james madison. Dilansir Squawka, ini merupakan kemenangan tandang terbesar dalam sejarah Liga Inggris.

 

 

  1. Manchester City 1 Р6  Manchester United ( 23 Oktober 2011 )
Mario Balotelli opened the scoring in City's 6-1 mauling of United at Old Trafford in 2011 (Image: Man Utd via Getty Images)
Mario Balotelli opened the scoring in City’s 6-1 mauling of United at Old Trafford in 2011 (Image: Man Utd via Getty Images)

Pada tahun 2011, Manchester United dihabisi Manchester City dengan skor 1-6. Hal tersebut terjadi pada Premier League 2011/2012, tepatnya pada 23 oktober 2011, di mana Man City menggulung Man United dengan skor 6-1.

 

Apesnya, kekalahan besar ini harus dirasakan Man United di hadapan pendukungnya sendiri yang memadati Old Trafford untuk menonton derby Manchester.

 

 

  1. Barcelona 2 Р8 Bayern Munchen ( 14 Agustus 2020 ) 
Getty Images
Getty Images

Barcelona mengalami kekalahan memalukan ketika mereka tersingkir dari Liga Champions setelah kalah dengan skor 2-8 dari Bayern Munchen di kandang sendiri. Bahkan Philippe Coutinho, yang saat itu masih

 

dimiliki oleh Barcelona, mencetak dua gol untuk Bayern Munchen dalam pertandingan tersebut.

 

  1. Brazil 1 Р7  Jerman ( 8 Juli 2014 )
(AFP PHOTO / ODD ANDERSEN)
(AFP PHOTO / ODD ANDERSEN)

Pertandingan semifinal Piala Dunia 2014 menjadi kekalahan paling memalukan dalam sejarah sepak bola. Tuan rumah Brasil, yang didukung oleh puluhan ribu penggemar di stadion, dipermalukan oleh Jerman, yang kemudian keluar sebagai juara dunia.

 

Pertandingan ini terjadi di Est√°dio Mineir√£o, Belo Horizonte 8 Juli 2014.

 

 

  1. Australia 31 – 0 Samoa Amerika ( 11 April 2001 )
© Darren England/Getty Images
© Darren England/Getty Images

Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2002 antara Australia dan Samoa Amerika menjadi salah satu kekalahan terbesar dalam sejarah sepak bola. Samoa Amerika, yang berada di peringkat terendah di FIFA, dikalahkan dengan skor 31-0 oleh Australia.

 

Striker Australia, Archie Thompson, mencetak rekor dengan 13 gol dalam satu pertandingan.

 

 

  1. Liverpool 7 Р0  Manchester United ( 5 Maret 2023 )
© Disediakan oleh Sportal
© Disediakan oleh Sportal

Setelah kekalahan ini, legenda Manchester United Gary Neville juga murka. “Anda mungkin kalah 0-2, Anda mungkin kalah 1-2, Anda mungkin kalah 0-3, tetapi Anda tidak kalah 0-7 di sini. Seharusnya tidak,” katanya.

 

Kekalahan tersebut semakin menjauhkan harapan Manchester United untuk menjadi penantang memperebutkan gelar juara Premier League musim ini. Tentu saja yang lebih menyakitkan karena mereka kalah dari Liverpool yang merupakan musuh bebuyutan.

 

 

  1. Aston Villa 7 – 2 Liverpool (4 Oktober 2020)
(Rui Vieiral/AP)
(Rui Vieiral/AP)

Meskipun Liverpool memenangkan pertandingan yang memalukan melawan Manchester United, mereka juga pernah menjadi korban. Pada musim Liga Premier 2020/2021, Aston Villa menghancurkan Liverpool dengan skor 7-2.

 

 

 

Liverpool tertinggal 1-4 di babak pertama sebelum Mohamed Salah mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, Villa terlalu kuat bagi Liverpool dan mencetak dua gol lagi hingga skor akhir 7-2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *