Sejarah Julukan Klub-Klub Liga Inggris

Tiento.co.id – Hampir semua klub maupun timnas sepak bola di seluruh dunia memiliki julukan. Tak terkecuali klub-klub Liga Inggris.

 

Julukan yang tersemat bagi klub-klub Premier League ini sudah mereka miliki sejak lama. Bahkan ada julukan yang tersemat sejak awal berdiri.

 

Seiring berjalannya waktu, klub bisa saja memiliki lebih dari satu julukan. Tujuannya bisa untuk memberikan simbol baru bagi klub yang berefek ke bisnis yang positif.

 

Tentu saja julukan tersebut memiliki arti yang tidak akan menyimpang dari filosofi maupun perjalanan tim tersebut. Lalu julukan tersebut juga ada asal muasalnya.

 

Berikut julukan klub Liga Inggris beserta arti dan asal muasalnya. 

 

  1. Arsenal – the Gunners
Justin Setterfield/Getty Images Europe/Getty Images
Justin Setterfield/Getty Images Europe/Getty Images

Julukan the Gunners yang diberikan kepada Arsenal karena dibentuk oleh para pekerja dari pabrik persenjataan, yaitu Royal Arsenal di Woolwich.

 

Royal Arsenal kala itu memproduksi amunisi, senjata hingga bahan peledak. Hal ini sejalan dengan identitas dari Arsenal, yakni logo yang melambangkan meriam.

 

  1. Chelsea – The Blues
ANTARA/AFP/GLYN KIRK
ANTARA/AFP/GLYN KIRK

sejak tahun 1905 Chelsea didirikan, mereka seakan-akan sudah memperkenalkan bahwa ‘biru’ adalah jati dirinya.

 

Meskipun demikian, awalnya Chelsea disebut sebagai ‘the Pensioners’. Julukan ini mengacu pada veteran militer dengan pakaian khasnya di Royal Hospital Chelsea.

 

Namun, manajer Ted Drake menghapuskan nama julukan itu pada tahun 1950-an dan menggantinya dengan nama ‘the Blues’.

 

  1. Liverpool – the Reds
 (Foto: Reuters)
(Foto: Reuters)

Asal muasal julukan bagi klub Liverpool ternyata sedikit sama dengan Chelsea. Dikenal dengan julukan ‘the Reds’, ternyata memiliki arti yang cukup sederhana.

 

Klub ini bertanding di atas lapangan menggunakan seragam berwana serba merah sejak tahun 1960-an. Dari sanalah, julukan ‘the Red’ terbentuk bagi Liverpool.

 

  1. Manchester City – the (Sky) Blues, the Citizens
GettyImages
GettyImages

Nama julukan ‘the Sky Blue’ atau ‘the Blue’ bagi Manchester City dilandaskan pada warna dari jersey mereka yang tak pernah berubah sejak tahun 1894.

 

Selain itu, untuk julukan ‘the Citizens’, diambil dari kata ‘City’ yang kemudian berevolusi menjadi ‘the Citizens’ sebagai nama julukan populer bagi Manchester City.

 

  1. Manchester United – The Red Devils
© Alex Pantling/Getty Images
© Alex Pantling/Getty Images

Di balik julukan ‘the Red Devils’, Manchester United berhutang kepada Sir Matt Busby, yang berhasil membawa MU berjaya di eropa pada tahun 1950-an dan 1960-an.

 

Matt Busby terinspirasi dari tim rugby Inggris Salford yang sempat melakukan tur Prancis pada 1930-an.Seragam tim rugby itu didominasi warna merah, dengan pers Prancis mencap mereka sebagai “Les Diables Rouges” – yang diterjemahkan menjadi “Setan Merah”.

Leave a Reply