Sejarah Julukan Klub-Klub Spanyol “Ada Yang Dijuluki Pembuat Kasur”

Tiento.co.id – Liga Spanyol sebagai salah satu liga kelas atas di Eropa hingga Dunia tentu memiliki tim dengan basis penggemar yang sangat tinggi terutama Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid.

 

Berikut informasi mengenai daftar julukan klub Liga Spanyol dan asal-usulnya : 

 

  1. Sevilla – Palanganas
Jose BretonAP
Jose BretonAP

“Palanganas” adalah julukan paling unik dari Sevilla. Ada beberapa sumber cerita soal asal usul julukan tersebut. Salah satu sumber mengatakan bahwa julukan “Palanganas” yang artinya baskom diambil dari bentuk stadion Ramon Sanchez Pizjuan di masa lalu yang berbentuk oval dengan cekungan putih dan detail merah di atasnya yang mirip dengan bentuk dan warna baskom.

 

  1. AtlĂ©tico Madrid – Los Colchoneros
Getty Images
Getty Images

Sering dijuluki Los Rojiblancos ternyata Atletico Madrid mempunyai julukan lain yaitu Los Colchoneros yang secara harfiah berarti pembuat kasur. Di awal abad ke-20, corak dan warna kasur tradisional Spanyol memang sangat mirip dengan jersey Atletico Madrid.

 

  1. Barcelona – Blaugrana
Twitter fc barcelona
Twitter fc barcelona

FC Barcelona punya julukan Blaugrana atau Azulgrana yang artinya Biru Merah, Warna biru dan merah sudah menjadi identitas Barcelona hingga hari ini. Julukan Blaugrana juga berasal dari Bahasa Katalan “Blau” yang berarti biru, dan “Grana” dari kata merah pekat.

 

  1. Valencia – Los MurciĂ©lagos
(AFP/JOSE JORDAN)
(AFP/JOSE JORDAN)

Valencia dijuluki “Los Murcielagos” yang artinya kelelawar. Bisa ditebak dari mana asal julukan ini. Ya, tentu saja dari lambang klub Valencia yang menampilkan kelelawar. Hewan tersebut juga terdapat dalam simbol kota Valencia. Selain itu Valencia juga sering dijuluki dengan nama Los Che.

 

  1. Real Madrid – Los Galacticos
Photo by David Ramos/Getty Images
Photo by David Ramos/Getty Images

Klub Ibukota Spanyol itu punya beberapa julukan, seperti “Los Blancos” dan “Los Merengues”. Namun julukan paling garang dari Real Madrid tentu saja “Los Galacticos”. Julukan ini populer sejak Florentino Perez terpilih sebagai presiden Madrid. Galacticos diambil dari kata Galactics yang digunakan orang Spanyol untuk menyebut superstar sepak bola.

Julukan ini memang terbukti garangnya. Sejak dijuluki “Los Galacticos”, prestasi Madrid juga mentereng, khususnya di kancah Eropa.

Leave a Reply