Sejarah Julukan Klub-Klub Italia : Sarat Akan Sejarah Dan Mitologi

(c) AP Photo/Antonio Calanni

Tiento.co.id – klub sepak bola di Italia banyak yang mendapat julukan berdasarkan corak atau warna jersey yang mereka kenakan. Seperti Fiorentina dengan julukan “La Viola” alias Si Ungu, Sampdoria dengan julukan “I Blucerchiati” alias The Blue-circled, Bologna dengan julukan “Rossoblu” alias Si Merah Biru, Sassuolo dengan julukan “I Neroverdi” alias Si Hitam Hijau, Salernitana dengan julukan “I Granata” alias Si Merah Tua, hingga Empoli yang julukannya sama dengan timnas Italia, “Gli Azzurri” alias Si biru.

 

  1. AS Roma – I Lupi
(c) Alfredo Falcone/LaPresse via AP
(c) Alfredo Falcone/LaPresse via AP

Konon katanya, julukan I Lupi berasal dari mitologi romawi yang jadi asal usul kota Roma. Yakni adanya dua anak kembar Romulus dan Remus yang konon dibuang ke sungai Tiber oleh paman mereka sendiri. Keduanya kemudian diselamatkan oleh seekor serigala betina. Romulus diceritakan menjadi raja di kota yang kini dinamai Roma. Selain jadi simbol kota Roma, gambar seekor serigala dengan 2 anak kembar juga terpampang di lambang AS Roma

 

  1. Lazio – Le Aquile
(Foto: Reuters)
(Foto: Reuters)

Lain halnya dengan Lazio. Julukan “Le Aquile” atau “Aquilotti” didapat dari penggunaan lambang dan simbol klub yang berupa elang. Salah satu anggota pendiri klub, Luigi Bigiarelli adalah otak dibalik hal tersebut. Penggunaan elang dimaksudkan sebagai pengakuan atas Aquila, lambang Zeus dewa langit dan petir dalam mitologi Yunani. Selain Le Aquile Lazio pun sering dijuluki I Biancoceleste karena corak dari Lazio yang berwarna putih dan biru langit

 

  1. Napoli – I Partenopei  
Credit: Getty
Credit: Getty

Kisah tak kalah unik juga dimiliki oleh Napoli. Klub asal kota Naples itu punya beberapa julukan, mulai dari Gli Azzurri atau Si Biru, I ciucciarelli atau Si Keledai Kecil, hingga julukan yang paling terkenal yakni “I Partenopei”. Julukan tersebut erat kaitannya ikon kota Naples, yakni Parthenope yang diambil dari mitologi Yunani.

 

  1. Inter Milan – Il Biscione
MARCO BERTORELLO / AFP
MARCO BERTORELLO / AFP

Sebenarnya Inter Milan lebih dikenal dengan julukan Nerazzuri yang artinya si Biru Hitam, Akan tetapi, jika dilihat dari sejarah Julukan lain dari Inter adalah “Il Biscione” yang artinya Si Ular Besar atau yang dikenal pula dengan sebutan viper. Berwarna biru, ular tersebut berasal dari lambang kebesaran House of Visconti yang menguasai kota Milan sekitar abad ke-11 hingga abad ke-15.

 

  1. AC Milan – Il Diavolo Rosso
 (Image: AFP via Getty Images)
(Image: AFP via Getty Images)

AC Milan sering disebut sebagai Rossoneri yang mengacu pada jersey kebanggan mereka. Selain itu, mereka juga dijuluki “Il Diavolo”. Il Diavolo atau Il Diavolo Rosso yang berarti Iblis Merah adalah julukan yang sudah melekat sejak awal berdirinya Milan pada 1899. Julukan tersebut mengacu pada filosofi sang pendirinya, Herbert Kilpin.“Kami akan menjadi tim iblis. Warna kami akan merah seperti api dan hitam seperti ketakutan yang akan kami timbulkan pada lawan kami.”

 

  1. Juventus – La Vecchia Signora
(c) Tano Pecoraro/LaPresse via AP
(c) Tano Pecoraro/LaPresse via AP

Juventus kerap dijuluki “Le Zebre” alias Si Zebra karena jersey hitam-putih yang mereka kenakan. Tetapi ada julukan lain untuk Juventus yaitu “La Vecchia Signora” alias Si Nyonya Tua Karena Juventus adalah salah satu klub tertua di Italia, julukan yang berbanding terbalik dengan nama Juventus yang dalam bahasa latin artinya pemuda.

 

 

Leave a Reply