Mengenal Luton Town : Tim Promosi Yang Beda Sendiri

Tiento.co.id – Luton Town memastikan satu tempat di kasta tertinggi Liga Inggris musim depan usai mengalahkan Coventry City di pertandingan play off Divisi Championship. Berkat kemenangan tersebut, mereka sah menyusul Burnley dan Sheffield United yang sudah terlebih dahulu mendapat promosi.

 

Keberhasilan ini pun disambut baik oleh para suporter yang tentunya sudah lama mengidam-idamkan tim mereka bermain di level tertinggi. Apalagi, Luton Town bisa dibilang belum memainkan liga papan atas yang kompetitif bahkan setelah kompetisi berganti nama jadi Premier League pada 1992.

 

Mereka lebih sering berkutat di level League One dan League Two, bahkan National League, sebelum menginjakkan kaki di Divisi Championship pada 2019-2020. Tim ini punya banyak hal unik yang akan membuat kompetisi Liga Inggris 2023/24 makin berwarna.

 

  1. StadIon
GETTY IMAGES
GETTY IMAGES

Sebuah cerita unik juga dimiliki Luton Town, terkait lokasi stadion mereka yang anti-mainstream. Alih-alih terlihat dari jalan besar, penonton harus ‘blusukan’ dulu untuk sampai ke sana. Kenilworth Road, markas Luton Town yang berlokasi di Bedfordshire, Inggris, sudah jadi rumah klub ini sejak tahun 1905.

 

Namun uniknya, stadion ini dibangun di tengah-tengah pemukiman warga. Bahkan, pintu masuknya saja ‘berbentuk rumah dan terlihat sangat sederhana.

 

  1. Kaya Akan Sejarah
Allsport/Getty
Allsport/Getty

Meski bakal jadi pesaing baru di kompetisi kasta teratas Liga Inggris 2023/2024, tidak dapat dipungkiri bahwa Luton Town adalah klub yang kaya sejarah. Mereka telah mengumpulkan banyak trofi Piala Liga pada 1987/1988, kemudian Divisi Dua pada musim 1981/1982.

 

Selain itu, mereka juga juara League One untuk edisi 1937, 2005, dan 2019, kemudian League Two juga pada 1968. Luton Town juga menjuarai Football League Trophy 2009

 

  1. Rivalitas Sengit
https://www.lutontown.co.uk/
https://www.lutontown.co.uk/

Sebagai informasi, para suporter Luton Town memiliki rivalitas sengit dengan Watford, yang berbasis di Hertfordshire. Persaingan pun makin panas karena The Hornets selalu finis lebih baik ketimbang The Hatters, julukan Watford, sejak tahun 1997.

 

  1. The Hatters
https://www.lutontown.co.uk/
https://www.lutontown.co.uk/

Penamaan The Hatters untuk klub Luton Town tidak lepas dari wilayah mereka yang terkenal dengan industri pembuat topi. Kota Luton sendiri paling terkenal dengan topi jeraminya dan mereka punya sumber daya melimpah untuk dijadikan bahan produksi.

Selain itu, lambang Luton Town FC sendiri memiliki nuansa anyaman topi jerami di dalamnya sehingga skuad mereka dinamai The Hatters.

Leave a Reply