4 Pemain Tertua Yang Memenangkan Ballon d’Or Untuk Pertama Kali

Tiento.co.id Ballon d’Or merupakan salah satu penghargaan prestisius yang dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi individu di kancah sepak bola. Penghargaan ini sendiri pertama kali diinisiasi oleh jurnalis France Football yakni Gabriel Hanot dan Jacques Ferran untuk menghargai para pemain yang tampil apik di lapangan hijau.

 

Ballon d’Or pertama kali digelar dan diadakan pada 1956. Sejak saat itu, banyak pesepak bola yang telah meraih gelar ini di setiap tahunnya. Bahkan banyak pemain yang telah meraih gelar Ballon d’Or lebih dari sekali. Tercatat hanya ada 10 pemain saja yang bisa merengkuh gelar ini lebih dari sekali. Di sisi lain, ada pula para pemain yang baru bisa meraih Ballon d’Or di usia senja sebagai pemain.

 

Hal ini pun seakan mematahkan persepsi bahwa para pemain yang bisa meraih gelar itu adalah pemain yang berada dalam masa jayanya.

 

Lantas, siapa saja pemain tertua yang mampu meraih gelar Ballon d’Or untuk pertama kalinya? Berikut daftarnya.

 

  1. Lev Yashin
Photo: Twitter.
Photo: Twitter.

Kiper legendaris Rusia ini meraih gelar Ballon d’Or di umur 34 tahun satu bulan. Yashin mendapat gelar Ballon d’Or pertamanya pada tahun 1963 atas penampilan ciamiknya baik di Dynamo Moscow maupun di Tim Nasional Rusia .

 

Keahlian Lev Yashin di bawah mistar gawang justru membuatnya menjadi satu-satunya kiper yang meraih penghargaan Ballon d’Or sampai saat ini.

 

  1. Luka Modric
Image credit: Getty Images
Image credit: Getty Images

Modric tercatat meraih gelar Ballon d’Or saat tahun 2018 di usianya yang menginjak 33 tahun. Kala itu Modric sukses membawa Real Madrid meraih gelar juara Liga Champions dan membawa Timnas Kroasia meluncur ke final Piala Dunia 2018.

 

Kemenangan Modric sekaligus  memberhentikan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada ajang Ballon d’Or yang sudah berjalan selama satu dekade sebelum ajang sebelum Modric memenangkannya pada tahun 2018 lalu.

 

  1. Karim Benzema
FRANCK FIFE / AFP
FRANCK FIFE / AFP

Benzema mendapat gelar Ballon d’Or pertamanya di umur 34 tahun 10 bulan. Pemain asal Prancis ini menjalani musim yang gemilang bersama Timnas Prancis dan Real Madrid. Di Real Madrid, Benzema berhasil

 

mengamankan gelar Liga Champions dan Liga Spanyol sekaligus tercatat sebagai top skor di ajang tersebut. Benzema juga berhasil mendapat gelar UEFA Nations 2021-2022 bersama Prancis ketika menumbangkan Spanyol di partai puncak

 

  1. Stanley Matthews
Offside - L'Equipe
Offside – L’Equipe

Pemain tertua yang meraih gelar Ballon d’Or jatuh kepada Stanley Matthews. Pemain kebangsaan Inggris ini meraih gelar Ballon d’Or di usianya yang saat itu menginjak 41 tahun 10 bulan. Stanley sukses meraih gelar ini setelah bekerja keras sampai akhir dengan Blackpool di Liga Inggris 1955-1956.

Bersama Blackpool Stanley Matthews berhasil mengangkat trofi Piala FA di tahun 1953 berkat aksinya yang luar biasa, serta dilanjutkan gelar runner up di tahun 1948 dan 1951. Di tahun 1948 sosoknya juga berhasil sebagai pemain pertama yang meraih trofi FWA Footballer of the Year. 

 

Leave a Reply